Pengertian Properti Tari Secara Lengkap dan Umum

Diposting pada
Mbayuli.Com – Hallo sobat ketemu lagi ya di mbayuli.com gimana kalian sehat kan jangan sakit-sakit ya sakit gak enak tahu hehe, ok artikel kali ini yaitu menjelaskan apa sih pengertian dari properti tari, ok silahkan sobat simak ya.

Pengertian Properti Tari – Tari merupakan seni yang menonjolkan keindahan gerak tubuh dari para penarinya. Tari memadukan unsur wiraga (raga), wirasa (rasa), dan wirama (irama) hingga menghasilkan gerak yang indah. Seni tari telah ada di Indonesia bahkan sejak zaman kerajaan, biasanya pada zaman dahulu seni tari digunakan sebagai sarana upacara keagamaan, atau penyambutan tamu penting kerajaan.

Baca Juga : Pengertian dan Perbedaan Jurnaistik

Dalam pertunjukan seni tari, ada beberapa properti (alat) yang biasa digunakan. Properti dalam tari berfungsi untuk memperjelas makna/pesan yang ingin disampaikan, sekaligus menambah keindahan dari tari itu sendiri. Properti sendiri dapat diartikan sebagai alat, atau benda tambahan.

Ada beberapa properti yang biasa digunakan terutama dalam tari tradisional Indonesia. Seperti payung, selendang, senjata tradisional, topeng, lilin, dan beberapa properti lain tergantung jenis dan asal tari tersebut.

Berikut informasi mengenai beberapa properti yang biasa digunakan pada tari tradisional Indonesia.

1. Tari Piring (Piring)

Berasal dari Sumatera Barat, sesuai namanya tari ini menggunakan piring sebagai properti utama. Para penari biasanya mengenggam dan mengayunkan piring secara berirama. Dilansir dari Wikipedia, tari pring menggunakan gerakan dasar silat Minangkabau.

2. Tari Serampang Dua Belas (Sapu Tangan)

Dari provinsi Sumatera Utara, ada tari serampang dua belas. Properti yang biasa digunakan adalah sapu tangan. Tari ini dilakukan secara berpasangan antara satu sama lain.

3. Tari Sekapur Sirih (Wadah)

Tari sekapur sirih yang berasal dari Jambi ini menggunakan wadah yang berisi lembaran daun sirih sebagai properti utama.

4. Tari Jaipong (Selendang)

Beralih ke pulau Jawa, tepatnya provinsi Jawa Barat ada tari jaipong. Tari ini menggunakan selendang sebagai properti tari.

5. Tari Kuda Lumping (Kuda Lumping)

Tari kuda lumping berasal dari provinsi Jawa Tengah. Biasanya tarian ini dipadukan dengan atraksi yang melibatkan kekuatan fisik pemainnya. Properti yang digunakan adalah kuda lumping yakni kulit yang dibentuk menyerupai kuda.

6. Tari Remo (Selendang dan Keris)

Tari remo berasal dari provinsi Jawa Timur. Properti yang sering digunakan adalah selendang dan keris. Tari remo mengedepankan unsur kepahlawanan, ditambah dengan lonceng yang dipasang pada kaki penari semakin membuat suasana menjadi ramai.

7. Tari Pendet (Bali)

Tari pendet menggunakan bokor atau sejenis nampan sebagai properti tari. Tari ini berasal dari provinsi Bali, dan biasanya menonjolkan ekspresi wajah dan gerak mata pemainya. Tari ini menjadi pertunjukan favorit wisatawan saat berkunjung ke Bali.

8. Tari Kipas Pakarena (Kipas)

Dari pula Sulawesi, tepatnya dari Sulawesi Selatan. Sesuai namanya, tari ini menggunakan kipas sebagai properti utama. Tari ini mengutamakan unsur kelembutan pada gerakannya.

9. Tari Baksa Kambang (Rangkaian Bunga)

Tari ini menggunakan rangkaian bunga sebagai properti utama. Tari baksa kambang berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan. Tari ini biasa digunakan dalam penyambutan tamu penting.

10. Tari Payung (Payung)

Sama dengan tari piring, tari payung juga berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Sesuai namanya, properti yang digunakan pada tari ini adalah sebuah payung. Tari payung menggambarkan unsur kasih sayang yang kuat.

11. Tari Topeng (Topeng)

Tari topeng berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Tari ini menggunakan topeng dengan berbagai ekspresi sebagai properti utama. Tari topeng biasa dimainkan secara solo (satu orang), maupun berkelompok.

Demikian informasi mengenai properti tari, dan macam-macam properti tari pada tarian tradisional Indonesia. Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *