Jenis-Jenis Gamelan Jawa Terlengkap

Diposting pada
Mbayuli.Com – Hallo sobat ketemu lagi ya di mbayuli.com gimana kalian sehat kan jangan sakit-sakit ya sakit gak enak tahu hehe, ok artikel kali ini yaitu jenis-jenis gamelan jawa.

Jenis Gamelan Jawa – Gamelan berkembang dengan sangat pesat ditanah Jawa. Sebelum menyebar ke berbagai daerah seperti Bali, gamelan pertama kali muncul di Jawa. Ini ditandai dengan adanya relief mengenai gamelan pada candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Baca Juga : Sejarah Gamelan Jawa

Sesuai namanya “gamelan”, yanh berasal dari bahasa Jawa yakni “gamel” dan “an” yang berati tabuhan. Gamelan merupakan serangkaian instrumen alat musik yang dimainkan secara bersamaan (ansamble). Maka dari itu, alat musik yang digunakan juga bukan hanya satu, melainkan beberapa alat musik yang digabung untuk membentuk bunyi/nada yang indah.

Untuk semakin menambah wawasan seputar gamelan, berikut saya bagikan informasi mengenai Jenis-jenis Gamelan Jawa menurut sumber bunyi yang dihasilkanya.

Gamelan Jenis Ideofone

Seperti yang kita ketahui, Ideofone merupakan jenis alat musik yang menghasilkan bunyi dari tubuh/badan alat itu sendiri. Instrumen gamelan yang berjenis Ideofone seperti Gong, Gambang, Saron, Bonang, dan beberapa alat musik lain. Biasanya alat musik jenis ini berbahan dasar logam, dengan pemukul kayu/karet.

Gamelan Jenis Aerofone

Sesuai namanya, aerofone merupakan alat musik yang memanfaatkan udara untuk menghasilkan bunyi tertentu. Aerofone pada alat musik moderen seperti Saxophone, Flute, dan lain-lain. Pada instrumen gamelan, kita bisa menemukan alat musik aerofone seperti seruling/suling (dalam bahasa Sunda).

Gamelan Jenis Membranofone

Alat musik membranofone memiliki bunyi yang dihasilkan dari selaput/membran. Hampir sama dengan jenis ideofone, bedanya alat musik ini memiliki kulit.  Alat musik jenis membranofone yang dapat ditemukan pada gamelan adalah gendang/kendang. Sedikit informasi, gendang sendiri telah populer diindonesia sejak zaman kerajaan. Bahkan telah diukir pada relief candi Borobudur dan Prambanan.

Gamelan Jenis Chordofone

Terakhir, ada gamelan berjenis chordofone. Gamelan satu ini menghasilkan bunyi dengan cara dipetik/digesek. Biasanya, alat musik chordofone memiliki senar yang terbuat dari nilon/logam. Pada instrumen moderen, terdapat alat musik chordofone seperti gitar, dan biola.Sedangkan pada instrumen gamelan, terdapat alat musik chordofone seperti rebab, kecapi, atau celempung.

Demikian informasi mengenai Jenis-jenis Gamelan Jawa, semoga bermanfaat dan semakin menambah kecintaan kita terhadap budaya bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *