Cara Terbaru Budidaya Ikan Cupang Hias yang Benar 2019 | Mbayuli.Com

Diposting pada

Mbayuli.Com – Hallo sobat ketemu lagi ya di mbayuli.com gimana kalian sehat kan jangan sakit-skit ya sakit gak enak tahu hehe ,artikel kali ini seputar budidaya ya yaitu Cara Budidaya Ikan Cupang Hias yang Benar nah buat kamu yang lagi mencari cara budidaya ikan cupang pas banget nih,ok silahkan sobat simak ya.

Cara Budidaya Ikan Cupang Hias yang Benar – Bagi kamu  pecinta ikan cupang  pemula yang ingin beternak dan membudidayakan ikan cupang,  ikan cupang Selain bentuknya yang unik dan beraneka warna, ikan jenis satu  ini juga terbilang mudah dalam pemeliharaannya, ikan cupang menjadi ikan hias yang cukup banyak di pelihara.

cara berternak ikan cupang cara berternak ikan cupang koi cara berternak ikan cupang untuk pemula cara berternak ikan cupang yang benar cara berternak ikan cupang giant cara berternak ikan cupang yang baik dan benar cara berternak ikan cupang aduan cara berternak ikan cupang yang mudah cara berternak ikan cupang adu cara berternak ikan cupang yg benar cara berternak ikan cupang lengkap cara berternak ikan cupang yg baik cara beternak ikan cupang bagi pemula cara beternak ikan cupang aduan cara beternak ikan cupang giant cara beternak ikan cupang halfmoon cara beternak ikan cupang slayer cara beternak ikan cupang youtube cara beternak ikan cupang agar berhasil cara ternak ikan cupang aduan cara ternak ikan cupang aduan yang baik cara budidaya ikan cupang alam cara budidaya ikan cupang agar cepat besar cara ternak ikan cupang aquarium cara budidaya ikan cupang di akuarium cara ternak ikan cupang di akuarium cara ternak ikan cupang dari awal sampai akhir cara ternak ikan cupang bagi pemula cara budidaya ikan cupang serta gambar cara ternak ikan cupang bagan cara ternak ikan cupang berhasil cara ternak ikan cupang bangkok cara budidaya ikan cupang bangkok cara budidaya ikan cupang beserta gambarnya cara berternak ikan cupang yang baik cara beternak ikan cupang dengan baik cara beternak ikan cupang dengan benar cara ternak ikan cupang yang baik cara ternak ikan cupang setelah bertelur cara ternak ikan cupang.com cara ternak ikan cupang dengan cepat cara cepat beternak ikan cupang

Ikan cupang berbeda dengan ikan hias lainnya, ikan cupang memiliki karakteristik nya masing masing,  Ada dua jenis ikan cupang yang kita ketahui yaitu ikan cupang aduan dan ikan cupang hias. Ikan cupang aduan memiliki sifat yang sangat agresif daripada ikan cupang hias,ikan cupang hias  memiliki jenis yang dibedakan dari segi keindahan bentuk ekor dan warnanya.

Semakin indah warna dan bentuk ekor cupang maka  harganya pun semakin mahal. Meskipun harga ikan cupang selalu naik, jumlah penggemar ikan cupang pun kian hari kian banyak. Ini  bisa menjadi  peluang usaha bagi  yang ingin mendapatkan keuntungan lebih selain memelihara ikan cupang hias. untuk itu kamu , kamu bisa melakukan cara budidaya ikan cupang hias yang benar seperti di bawah ini.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca Juga : 5 Hal Penting Dalam Merawat Ayam Bangkok

Cara Terbaru Budidaya Ikan Cupang Hias yang Benar 2019

1. Media Pemijahan

 Hal pertama dalam  budidaya ikan cupang hias yang benar yaitu membuat media pemijahan untuk ikan cupang hias. Media pemijahan merupakan hal yang sangat penting ,mengingat sulitnya mencari bibit ikan cupang  hias, berikut caranya :

media pemijahan sebenarnya kamu  bisa menggunakan berbagai macam tempat seperti kolam buatan , ember bak , aquarium dan lain lain,  namun  lebih baik jika kamu menggunakan media akuarium, Akuarium yang bisa kamu gunakan yaitu akuarium  yang  berukuran 30x 30x 30 cm, kemudian Sediakan juga tempat untuk meletakkan ikan cupang hias betina, tempatnya cukup menggunakan  gelas plastik bekas yang bening.

Kamu juga bisa memberikan  tumbuhan air seperti kayambang maupun eceng gondok yang berukuran kecil,  tujuan nya di gunakan  sebagai pelengkap media.

2. Indukan Ikan Cupang Hias

Setelah  kamau menyiapkan media pemijahan ,  cara selanjutnya dalam budidaya ikan cupang yang benar  yaitu menyiapkan indukan ikan cupang hias, usahakan indukan ikan cupang hias merupakan indukan yang sejenis dan berkualitas.

Ciri ciri nya seperti berikut :

a. Indukan ikan cupang hias berasal dari keturunan yang unggul dengan kondisi yang sehat, bebas dari penyakit serta tidak cacat fisik.

b. Membedakan jenis kelamin ikan cupang, cara untuk membedakan indukan jantan dan betina bisa  dilihat secara fisik  seperti ,  cupang hias jantan lebih lincah dengan sirip ekor yang lebih lebar dan mengembang.

c. Dilihat dari segi warnanya, cupang hias jantan warnanya lebih cerah , gerakannya lebih lincah dan tubuhnya lebih besar.

d. Berbeda dengan cupang hias jantan, ikan cupang hias betina gerakannya lebih lamban dan memiliki sirip ekor yang agak pendek.

e. Warna ikan cupang hias betina  lebih kusam dan tubuhnya lebih kecil.

f. Pastikan anda memilih indukan ikan  cupang hias jantan yang berumur 4 hingga 8 bulan sedangkan untuk cupang hias  betina berumur 3 hingga 4 bulanan.

Kemudian kamu Letakkan indukan ikan cupang hias secara terpisah terlebih dahulu sebelum melakukan pemijahan.

3. Pemijahan Ikan Cupang Hias

Pemijahan ikan cupang  harus dilakukan dengan tepat untuk menghasilkan benih ikan cupang  hias yang unggulan , seperti  cara budidaya ikan cupang hias yang benar berikut ini  :

a. Letakkan media pemijahan di tempat yang sunyi dan teng dan jauh dari gangguan hewan lain selama sehari, tunggu hingga telur cupang muncul.

b. Selanjutnya tunggu sampai  dengan  Telur Ikan Cupang muncul.

c. Kamu juga harus melakukan penetasan telur ikan cupang  hias yang benar  agar tidak terjadi kegagalan.

d. Setelah terjadi pembuahan dengan ciri ciri gelembung udara sudah  terisi maka angkat indukan betina.

e. Telur  ikan cupang  hias akan menetas dalam waktu sehari semalam dan  ketika sudah menetas kamu tidak perlu memberinya makan selama 3 hari kedepannya.

f. Setelah lewat  3 hari,  kamu baru bisa memberi pakan berupa kutu air.

g. Untuk pemberian pakan  usahakan dengan secukupnya saja  dan jangan terlalu banyak karena dapat mengotori air dan menyebabkan air menjadi kotor .

4. Perawaatan Burayak Ikan Cupang Hias

Benih ikan cupang  hias yang sudah menetas atau biasa disebut dengan “ burayak” ini juga perlu diperhatikan dan si rawat dengan baik untuk mengurangi tingkat kematian seperti cara yang benar berikut ini :

a. Setelah burayak  berumur 2 minggu di dalam akuarium, ambil indukan jantan  lalu pindahkan burayak ke dalam media yang lebih besar.

b. Anda bisa memindahkannya ke dalam akuarium berukuran  besar.

c. Berikan pakan berupa kutu air atau larva nyamuk hingga benih  ketika  usia burayak ikan berusia 1,5 bulan.

5. Media pembesaran Ikan Cupang Hias

Dalam budidaya ikan cupang hias yang benar, sangat  berbeda dengan cara budidaya ikan tawar lainnya , kamu  juga perlu menyiapkan media pembesaran ikan. Media pembesaran bisa berupa botol besar  ataupun akuarium kecil , Setelah burayak ikan berusia  1,5 bulan pisahkan terlebih dahulu antara cupang jantan dan betina.

Dalam proses pembesaran sebenarnya cupang betina tidak masalah jika tidak dipisahkan, namun akan lebih baik jika dipisah, Sedangkan untuk cupang jantan harus kamu  pisahkan sendiri- sendiri  ke dalam tempat media pembesaran nya masing masing, Untuk itu kamu perlu  menyediakan wadah dengan jumlah yang sama dengan cupangyang sudah siap untuk di besarkan.

6. Pemeliharaan dan perawatan  Ikan Cupang Hias

Kamu perlu melakukan pemeliharaan dan perawatan  untuk menjaga ikan cupang agar tetap sehat dan berkualitas, Berilah pakan berupa kutu air, cacing sutera dan l jentik nyamuk secara teratur sebanyak 3 kali sehari, Gantilah air pada media pembesaran setiap  seminggu  sekali untuk menjaga kualitas air, Kamu perlu memberikan obat ikan jika ikan cupang hias kamu  terkena penyakit dan hama,.

Demikianlah beberapa cara budidaya ikan hias yang benar ,  semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda dalam berbudidaya ikan cupang, Pastikan anda melakukannya dengan tepat untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *