5 tips bagaimana Cara Menjaga Hati

Diposting pada

Mbayuli.Com – Halo sobat sehat, jumpa lagi di mbayuli.com Topik pada artikel kali ini adalah : “Bagaimana Cara Menjaga Hati?”. Oke sahabat sehat, hati yang saya maksud disini adalah organ hati. Hati merupakan organ terbesar kedua di dalam tubuh manusia. Beratnya kurang lebih sekitar 1,4 kg (1400g). Jadi cukup besar dan cukup berat. Hati sangat berperan penting di dalam tubuh manusia untuk mendetoks racun di dalam tubuh kita. Tanpa hati, racun-racun ini tidak bisa didetoks. Itulah sebabnya hati sangat berperan penting di dalam tubuh kita.

5 tips bagaimana cara anda merawat hati/cara anda menjaga organ hati anda.

cara menjaga hati
cara menjaga hati

1.Tips yang pertama adalah menghindari makanan-makanan sampah (junkfood). Atau makanan-makanan yang membebani hati anda. Jadi, contohnya adalah makanan-makanan yang mengandung pengawet, makanan-makanan yang mengandung pewarna dan pemanis buatan. Bahan-bahan tersebut sebenarnya tidak ada gunanya. Dan justru dapat membebani hati anda.

Baca Juga :Cara Mengobati Sakit Pinggang Kanan dan Kiri Secara Tepat dan Ampuh

Makanan lainnya adalah seperti makanan-makanan junkfood/fastfood. Makanan cepat saji. Makanan-makanan ini mengandung tinggi radikal bebas. Mengandung bahan-bahan yang sebenarnya tidak diperlukan oleh tubuh kita. Justru cenderung merusak tubuh kita (radikal bebas tinggi yang dapat merusak tubuh). Dan disinilah peran hati untuk membersihkannya.

Tetapi kalau bahan-bahan ini terlalu banyak di dalam tubuh anda, justru akan membebani kinerja hati anda. Jadi, apa yang perlu anda makan? Yang perlu anda makan adalah buah-buahan segar tanpa diolah, biji-bijian,. dan pilihlah daging yang organik yang bebas dari obat-obatan, steroid, dan sebagainya. Itu tadi adalah tips yang pertama.

Percuma jika anda mengkonsumsi vitamin, mengkonsumsi suplemen, dan mengkonsumsi obat-obatan jika langkah pertama ini tidak anda penuhi. Jadi saran saya, langkah pertama inilah yang terpenting.

2. Langkah yang kedua adalah anda boleh mulai mengkonsumsi herbal yang dapat membantu mendetoksifikasi hati anda.

Herbal yang pertama adalah Milk Thistle. Milk Thistle ini merupakan tanaman herbal yang dikenal sebagai raja herbal yang dapat meningkatkan antioksidan. Yaitu glutation di dalam tubuh yang dapat membantu mendetoksifikasi hati anda. Anda bisa memperoleh Milk Thistle ini dalam bentuk suplemen. Anda bisa membelinya di toko-toko obat atau toko-toko kesehatan.

Kemudian yang kedua adalah kunyit. Kunyit merupakan tanaman yang banyak sekali kita jumpai di Indonesia. Kunyit juga sangat membantu mengurangi peradangan pada hati anda. Dan kunyit ini dapat anda tambahkan dalam menu makanan anda setiap hari. Kurang lebih sekitar 1 sendok makan.

Kemudian yang ketiga adalah Dandelion. Dandelion juga merupakan tanaman yang dapat membantu mendetoksifikasi hati anda. Jadi herbal ini mengandung kadar potassium yang cukup tinggi, yang dapat membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh anda. Karena tanaman ini sebenarnya mengandung efek diuretik alami. Jadi, racun akan dibuang melalui air seni. Dan juga dapat membantu merangsang pengeluaran cairan empedu. Itu tadi adalah 3 herbal yang dapat membantu mendetoksifikasi hati anda.

3. Langkah yang ketiga adalah anda bisa mengkonsumsi hati hewan. Organ hati yang sebenarnya. Anda bisa mengkonsumsi hati ayam atau hati sapi. Hati dapat membantu mendetoksifikasi organ hati anda. Dan saran saya adalah anda pilih sumber hati untuk anda konsumsi dari binatang ternak yang terpercaya. Dan ketahuilah juga apa makanan dari makanan-makanan ternak tersebut. Karena jika makanan ternak tersebut tidak baik, otomatis hati yang dihasilkan juga tidak baik. Dan saya tidak menginginkan anda mengkonsumsi hati yang sudah tidak baik.

4. Kemudian selanjutnya langkah yang keempat adalah anda boleh mengkonsumsi makanan-makanan seperti kimchi, buah bit, dan asinan kubis. Makanan-makanan tersebut dipercaya dapat membantu hati anda bekerja lebih baik lagi. Dan juga dapat membantu mendetoksifikasi hati anda.

5. Lalu, langkah yang terakhir adalah langkah yang kelima. Yaitu sebelum anda mendetoksifikasi hati anda, anda harus mendetoks perasaan anda secara emosional. Mengapa? Di dalam TCM atau Traditional Chinese Medicine, perasaan atau emosi tertentu dapat membebani kinerja dari organ-organ tertentu.

Saya beri satu contoh, misalnya perasaan yang membebani organ ginjal anda. Jadi contohnya seperti ini. Misalkan anda dulu sewaktu di sekolah atau sewaktu di tempat kerja. Anda mendapatkan tugas untuk presentasi di depan. Dan pada saat ingin presentasi, anda merasa tegang dan takut. Mungkin takut : “Kalau ditanya seperti ini bagaimana? Kalau presentasi saya jelek bagaimana?”. Jadi dengan perasaan ketakutan tersebut, anda sebenarnya telah membebani kinerja ginjal anda dengan gejala seperti ini :. – Anda mungkin bolak-balik ke kamar mandi, rasanya ingin Buang Air Kecil. – Tangan anda berkeringat – Jantung anda berdebar kencang.

Sebenarnya rasa takut seperti itu sudah membebani ginjal anda. Dan untuk organ hati sendiri, perasaan-perasaan seperti frustasi, benci, amarah dan dendam sebenarnya membebani kinerja hati anda. Jika ada seseorang yang memiliki perasaan-perasaan seperti ini, seperti perasaan frustasi atau benci kepada orang lain. Sebenarnya anda tidak melukai mereka. Anda tidak melukai mereka yang anda benci. Tetapi anda melukai diri anda sendiri dan melukai hati anda.

Saran saya adalah anda bisa mencatat nama-nama orang yang anda benci atau anda tidak suka. Dan belajarlah untuk melupakan mereka. Atau anda bisa menonton video dari Bapak Chandra Putra Negara. Yaitu : “Cara Mengubah Kebiasaan Buruk”. Jadi dengan begitu, anda bisa belajar untuk memaafkan mereka. Anda bisa belajar untuk memahami diri anda sendiri.

Selanjutnya adalah bersyukur. Bersyukur adalah cara yang paling ampuh untuk nomor kelima ini.’. Dengan anda bersyukur, sebenarnya anda telah mencintai diri anda sendiri. Anda telah mengurangi beban kerja hati anda. Dan anda juga bisa berteman dengan orang-orang yang positif. Anda bisa membaca buku yang membangun, buku-buku yang positif. Jangan hanya mendengarkan berita-berita kebencian. Itu hanya memberikan perasaan negatif pada diri anda.

Semoga artiel ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Dan saya juga menyarankan anda bisa membaca artikel saya selanjutnya. Sampai jumpa, salam hebat luar biasa..!!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.