9 Cara Agar Cepat Kontraksi Pada Saat Pembukaan – Mbayuli.Com

Diposting pada

Mbayuli.Com – Hallo sobat ketemu lagi ya di mbayuli.com gimana kabarnya sehat sehat aja kan jangan sakit-sakit ya sakit gak enak tahu hehehe, artikel kali ini masih membahas kehamilan ya dan sekarang adalah Cara Agar Cepat Kontraksi Pada Saat Pembukaan ketika akan melahirkan ,silahkan sobat simak ya.


Cara Agar Cepat Kontraksi Pada Saat Pembukaan – ketika membicarakan proses persalinan normal, semua ibu berharap agar dapat melaluinya dengan cepat dan tak terlalu menyakitkan. Beberapa dari anda yang pernah melahirkan  memang cukup beruntung bisa melalui proses melahirkan  dengan cepat sehingga tak perlu berlama-lama di rumah sakit .Bagi wanita yang  baru pertama kali mengandung , pengalaman akan melahirkan pertama kali tentu membuat  khawatir dan  membuat cemas. Ditambah ketika sudah mendengar kisah-kisah bagaimana lama dan menyakitkannya saat sedang merasakan kontraksi dan saat orang lain melahirkan.


ketika membicarakan proses persalinan normal



Bagi anda yang sudah pernah melahirkan dan sedang menunggu kelahiran anak kedua, ketiga maupun yang keempat, biasanya lebih santai dan tidak terlalu tegang karena telah merasakan yang namanya melahirkan. Apalagi jika jumlah anaknya banyak, proses melahirkan akan sama seperti sedang bersin saja saking mudahnya dan sudah terbiasanya melahirkan.9 Cara Agar Cepat Kontraksi Pada Saat Pembukaan.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


Mungkin dari beberapa dari wanita yang baru pertama kali akan menghadapi persalinan, bertanya-tanya bagaimana cara nya agar cepat kontraksi dan pembukaan, ya memang menunggu pembukaan bisa sangat lama bisa berjam jam bahkan bisa seharian, langsung saja bagi kalian yang sudah tak sebar mengulas penjelasan akan hal ini, langsung saja simak beberapa cara agar cepat kontraksi dan cepat pembukaan di bawah ini.


Baca Juga : 10 Tititk Pijat Agar Cepat Kontraksi


Cara Agar Cepat Kontraksi Pada Saat Pembukaan


Ada beberapa upaya dan cara agar cepat kontraksi dan pembukaan  yang bisa  anda lakukan, sebagai berikut:

1. Sering jalan kaki

Di masa-masa menunggu persalinan, biasakan si ibu untuk sering berjalan kaki perlahan-lahan, gabungan antara gerakan tubuh dan gravitasi dapat  membantu janin cepat turun  dan ke luar. tekanan pada kepala janin pada mulut rahim dapat membantu mempercepat pembukaan. Jalan kaki juga  dapat membantu menstimulasi kontraksi yang kemudian mendorong proses pembukaan. 

2. Menggunakan Ball Birth

Ball birth dapat membantu  anda untuk  mengurangi rasa nyeri pada punggung, ketika kontraksi pada saat persalinan. ball birth juga membantu meringankan kecemasan dan mempercepat proses pembukaan. Agar lebih terasa nyaman, duduklah di atas ball birth dengan kaki terbentang. Lalu, topang punggung  anda dengan dinding atau kursi.

3. Olahraga ringan

alternatif lain yang bisa anda lakukan adalah latihan naik-turun tangga dengan pelan pelan Kemudian, berjalan lebih lebar dan lambat. Hal tersebut  mampu membantu mempercepat proses pembukaan karena meregangkan dan melebarkan rahim.

4. Mandi dengan air hangat

Mandi air hangat dapat membantu membuat tubuh dan pikiran anda menjadi relaks. Dengan suasana seperti itu,  anda  mampu mengurangi ketegangan dan justru dapat mempercepat kontraksi dan pembukaan jalan lahir bagi janin, anda juga dapat meminta suami atau seseorang untuk memijat lembut. Cara-cara seperti ini juga mampu  menghasilkan manfaat untuk mempercepat proses pembukaan.

5. Buang air kecil secara teratur

 Apakah anda tahu Kandung kemih yang penuh dapat menghambat kontraksi?. Hal ini  bisa menyebabkan tekanan pada serviks yang memperlambat pembukaan jalan lahir. Karena itu, pastikan anda untuk secara teratur buang air kecil.

6. Stimulasi puting susu

Salah satu cara efektif untuk melebarkan mulut rahim adalah dengan memplintir puting susu. Ya, cara alami ini terbukti dapat membantu proses persalinan lebih cepat, karena dapat memicu pelepasan oksitosin yang menimbulkan kontraksi Rahim, stimulasi puting susu ini bisa di lakukan sendiri maupun meminta bantuan dari suami anda.

7. Berhubungan intim

Selain stimulasi puting,  anda juga melakukan stimulasi seks ( berhubungan intim). orgasme  yang terjadi  dapat membuat tubuh melepasakan oksitosin sehingga membantu kontraksi Rahim, air mani ternyata dapat  membantu pelebaran serviks lebih cepat.

8. Tindakan akupresur (titik pijat)

Metode akupresur berupa penekanan dengan ibu jari pada bagian dan titik tertentu, yaitu di sela antara telunjuk – ibu jari. Titik pijat  ini  dapat membantu pelebaran rahim. Lakukan penekanan kira kira selama satu menit, lalu istirahat selama sejenak. Kemudian, ulangi lagi hingga anda rasa cukup.

9. Metode medis

Bila  pembukaan tak kunjung  ada perkembangan dalam pembukaan ,  dokter akan menyarankan anda bisa mengkonsumsi obat untuk melebarkan dan melembutkan leher rahim.
Berikut di antaranya:

Enzim hyaluronidase, disuntikkan ke dalam leher rahim yang bertujuan  melembutkan dan melebarkannya.
Dinoprostone. Obat ini disemprotkan ke dalam lubang leher rahim atau bisa dimasukkan ke dalam vagina dalam bentuk supositoria.
Misoprostol merupakan prostaglandin yang bisa membuat leher rahim menjadi lembut. Misoprostol ini relatif aman dan murah.
Demikianlah beberapa informasi yang dapat  saya sampaikan dalam mempercepat kontraksi dan pembukaan dalam proses melahirkan, bagi anda yang dalam waktu dekat akan menghadapi persalinan semoga informasi di atas dapat bermanfaat  bagi anda .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.